Korea Jajaki Investasi Agribisnis di Aceh

Perusahaan asal Korea Selatan, JSK International Resources Co LTD, menjajaki investasi agribisnis di Aceh.Mereka akan membangun kilang penggilingan padi modern dengan kapasitas gilingan delapan ton per jam dan nilai investasi mencapai Rp80 miliar.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis asal Negeri Gingseng itu akan merealisasikan investasinya tahun ini.“Lokasi pembangunannya di Aceh Besar,” katanya di sela pertemuannya dengan CEO JSK International Resources Michael Park di kantor Gubernur Aceh, di Banda Aceh, Rabu (19/5/2010).

Untuk tahap awal, lanjut Irwandi, JSK akan menyurvei dulu lokasi yang akan dijadikan pabrik penggilingan padi itu, kemudian mengajukan izin investasi. “Action-nya tahun ini,” ujar dia. Jika realisasi ini benar terwujud, maka kilang padi itu merupakan yang terbesar di Aceh dengan kapasitas penggilingan mencapai 80 ribu ton per tahun. Hasil penggilingan pun utamanya akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan pangan lokal (Aceh) dan selebihnya diekspor ke luar Aceh.

Menurut Irwandi, Aceh sangat potensial dibangun kilang padi itu karena wilayah ujung Sumatera itu selalu surplus gabah. Hanya saja, banyak gabah Aceh akhirnya mengalir ke Sumatera Utara, karena pasar di sana lebih menjanjikan bagi petani.

Di samping itu, rata-rata sawah di Aceh menghasilkan lima sampai enam ton gabah per hektare (Ha). Pemerintah Aceh saat ini tengah menggalakkan penanaman padi jenis hibrida yang diperkirakan bisa menghasilkan 11 ton per Ha. Serta pemerintahnya kini sedang mencetak seribu Ha sawah baru di sejumlah kabupaten di Aceh.

SUMBER: Okezone.com 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: