Fakultas Pertanian Unsyiah

Fakultas Pertanian merupakan fakultas kelima dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala. Fakultas Pertanian didirikan tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1964 dan secara resmi dibuka untuk menerima mahasiswa pada kali pertama pada Hari Senin 16 November 1964 yang ditandai dengan penandatangan piagam di Kampus Darussalam oleh Menteri PTIP. Jumlah mahasiswa pertama sekali adalah 77 orang dengan sejumlah staf pengajar luar biasa. Pada awal kegiatannya, Fakultas Pertanian menggunakan gedung Fakultas Teknik yang sekarang menjadi gedung Fakultas Hukum.

Pada tahun 1965 barulah Fakultas Pertanian mendapatkan gedung untuk ruang kuliah, sementara kegiatan administrasi masih menggunakan beberapa ruang di FKIP. Sejalan dengan waktu, jumlah mahasiswa di Fakultas Pertanian semakin meningkat. Pada tahun 1975, Fakultas Pertanian menggunakan ruangan di Laboratorium Induk (sekarang FMIPA) sebagai ruang kuliah.Pada tahun 1979, Fakultas Pertanian telah memiliki gedung permanen yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan antara lain perpustakaan, dua buah rumah kaca dan beberapa laboratorium serta kebun percobaan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Gedung tersebut diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, yaitu Dr. Daoed Yosoef.Fakultas Pertanian Unsyiah telah memiliki fasilitas yang lengkap disamping untuk menyelenggarakan pendidikan sarjana dan diploma tiga, juga menyelenggarakan program jenjang S2 di bidang Konservasi Sumber Daya Lingkungan (KSDL). Beberapa program S2 telah direncanakan pula untuk dibuka.

Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Fakultas Pertanian Unsyiah yaitu laboratorium, kebun percobaan, rumah kaca, dan university farm yang terdiri atas lima stasiun masing-masing organic farm, paddy farm, stasiun Ie Su’um, Bener Meriah, dan Lamno serta farm peternakan.Fakultas Pertanian tumbuh dan berkembang menjadi fakultas yang terkemuka di Pulau Sumatera. Fakultas Pertanian memiliki 231 staf pengajar yang ahli di bidangnya lulusan universitas terkemuka di dalam dan luar negeri dan terdiri atas 12 professor, 48 doktor (S3), 102 master (S2) serta 69 tenaga S1.

Berbagai kerjasama nasional dan internasional telah berhasil pula dijalin guna meningkatkan kualitas staf pengajar dan lulusannya. Melalui program Asia Link, kerja sama dijalin dengan Goettingen University, Humbold University of Berlin, Copenhagen University Denmark, Katholieke University Leuven Belgia, The Swedish University of Agriculture Sciences, LaSalle Beauvais Polytechnic Insitute French, China Agriculture University dan Hanoi University of Agriculture Vietnam. Triangle Partnership merupakan kerjasama antara Unsyiah dengan Goettingen University Germany dan Institut Pertanian Bogor. Kerjasama dijalin pula dengan Prince of Songkla University Thailand dan Temasek Singapura.

5 Balasan ke Fakultas Pertanian Unsyiah

  1. dela mengatakan:

    bgus…..
    tingkatkan lagi nulisnya mur!!!

  2. Risma Ariati Armia mengatakan:

    Hmmm, begitu ternyata awal berdirinya Fakultas Pertanian Unsyiah. Jazakillah utk ilmunya…🙂

  3. Risma Ariati Armia mengatakan:

    Jazakallah maksudnya… Hehe🙂

  4. Veryy Cipenk mengatakan:

    berapoooo
    pertanian…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: